Perbandingan plate heat exchanger Dan shell and tube

Hiangga saat ini heat exchanger baik model shell and tube dan plate heat exchanger keduanya masih sama sama banyak pemakainya walaupun model shell and tube ini model lama, nyatanya sampai saat ini masih banyak penggunaan diberbagai sektor industri, walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama akan tetapi dua model ini memiliki perbandingan kelebihan dan kekurangan masing masing

Shell and Tube

Heat exchanger jenis ini komponen utamnya adalah paket tabung dan penampang untuk menampung. Satu cairan melewati tabung, dan yang kedua melewati penampang yang lebih besar, yang mengelilingi tabung.
Penukar panas shell and tube mendominasi pasar hingga akhir abad ke-20, karena penukar panas pelat mulai menggantikannya di banyak aplikasi industri dan sebagian besar HVAC.
Karena desainnya yang sederhana, mereka juga memegang tempat yang menonjol dalam kurikulum teknik di seluruh dunia. Mereka memiliki banyak keuntungan yang membantu mereka mendapatkan prestasi tersebut. Pertama, harganya relatif murah – pada dasarnya hanya sekumpulan tabung. untuk bahan material heat exchanger tersebut adalah low carbon steel, Admiralty, copper, copper-nickel, stainless steel, Hastelloy, Inconel atau titanium.

shell and tube

Plate Heat Exchanger

Plate Heat Excahnger dibangun dengan serangkaian pelat yang disatukan dalam frame. Ada dua input dan dua output, dan ruang antara pelat bergantian antara dua cairan (panas, dingin, panas, dingin, dll seperti yang ditunjukkan di bawah). Desain ini cocok untuk efisiensi perpindahan panas yang sangat tinggi karena luas permukaan yang besar – jauh lebih tinggi daripada penukar panas shell and tube yang menempati ruang yang sama. Penukar panas pelat juga lebih mudah dibersihkan dan dirawat, karena dirancang agar relatif mudah dibongkar dan diperiksa. Juga, jika ada cacat pada pelat, Anda cukup melepas plate dan memasang kembali unit dengan kapasitas yang sedikit lebih rendah sambil menunggu penggantian. Shell and tube tidak dapat melakukan hal ini. untuk bahan material heat exchanger tersebut adalah  carbon steel/stainless stell untuk frame ,  dan nickel, stainless steel, Hastelloy,  atau titanium untuk plate

plate heat exchanger 01

 

dari kedua model memiliki perbandingan kelebihan dan kekrangan masing dan tim engineer harus tahu kapan harus memilih plate heat exchanger dan sebalinya, jika ragu ragu lebih baik kosultasikan dengan tim kami wisatek.com agar dapat membantu memperjelas kebutuhan yang tepat untuk anda.